Kamis, 22 Oktober 2015

Tips Mendidik Anak Menghapal Alquran

๐ŸŒธISLAMIC NEWS CORNER๐ŸŒธ

Edisi 16 (Parenting), Rabu 21 oktober 2015


๐Ÿ‘ช๐Ÿ’Tips-Tips Mendidik Anak Menghafal Al Qur'an๐Ÿ’๐Ÿ‘ช

๐Ÿ”— Anak-anak berbeda dengan orang tua. Apa yang menurut orang tua mudah, belum tentu bagi mereka mudah. Pun sebaliknya yang menurut orang tua susah, boleh jadi bagi mereka mudah. Nah, begitu juga dalam menghafal Al Qur'an, mungkin bagi kita susah, jangankan 30 juz, juz 30 saja masih belepotan. Namun, belum tentu bagi anak-anak..

๐Ÿ“” Sesuai dengan apa yang diriwayatkan Ath-Thabrani dari Ali ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: "Didiklah anak-anakmu dalam tiga perkara: Mencintai Nabimu, mencintai keluarganya, dan Membaca Al Qur'an, maka sesungguhnya orang-orang yang membawa Al Qur'an berada dalam naungan 'Arsy Allah ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, bersama para Nabi dan orang-orang Suci."

๐ŸŽ“ Menurut Ibnu Khaldun, sesungguhnya usia ideal bagi anak untuk menghafal Al Qur'an adalah mulai usia 5 tahun sampai menjelang baligh.

๐ŸŽ“ Ibnu Sina dalam bukunya 'As-Siyasah' menasehatkan agar dalam mempersiapkan anak dari segi fisik dan mental hendaknya dimulai dengan mengajarkan Al Qur'an kepada anak, agar sejak kecil ia sudah mulai mengenal bahasa arab yang asli, dan tertanam dalam jiwanya nilai-nilai keimanan.

๐ŸŽ“ Imam Al-Ghazali dalam Ihya'-nya mewasiatkan agar mengajarkan anak tentang Al Qur'an, hadits, dan cerita orang-orang shalih kemudian adalah bagian dari hukum-hukum agama, dimana anak-anak akan mudah sekali menghafal Al Qur'an.
〰〰〰

๐Ÿ”† Untuk  mencapai prestasi anak tersebut (menghafal Al Qur'an), tentunya harus ada peran orang tua yang mengarahkan anak dalam menghafal Al Qur'an sehingga benar-benar berinteraksi dengan Al Qur'an.

๐Ÿ‘ช๐Ÿ’Ada beberapa tips untuk mendidik anak-anak menghafal Al Qur'an, diantaranya:
๐ŸŒท1. Perdengarkan Al Qur'an saat anak di dalam rahim ibu,
๐ŸŒท2. Perdengarkan Al Qur'an saat anak sedang disusui,
๐ŸŒท3. Bacakan Al Qur'an dihadapan anak,
๐ŸŒท4. Perdengarkan Al Qur'an dimanapun (rumah, mobil, dll),
๐ŸŒท5. Jauhkan dari musik, sesungguhnya musik adalah musuh Al Qur'an,
๐ŸŒท6. Berikan 1 mushaf Al Qur'an,
๐ŸŒท7. Berikan hadiah setiap menghafal 1 juz,
๐ŸŒท8.Ceritakan kisah-kisah dalam Al Qur'an,
๐ŸŒท9. Buat permainan ttg Al Qur'an.

๐ŸŽ Salah satu yang menjadi kebahagiaan bagi orang tua adalah memiliki anak yang menghafal Al Qur'an.

๐Ÿ““ Hadits Nabi Muhammad saw berbunyi:
"Disampaikan oleh Rasulullah Shalallahu'alaihi Salam yang diriwayatkan oleh Imam Al-Hakim, bacalah dengan hatimu "Siapa yang membaca Al Qur'an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, akan dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orangtuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak didapatkan didunia. Keduanya bertanya, "Mengapa kami dipakaikan jubah ini?" Dijawab, "Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al Qur'an."

๐Ÿ‘ณ๐Ÿป Maa syaa Allah, orangtua yang memiliki anak Hafizh Al Qur'an akan mendapatkan jubah (kemuliaan) yang tidak didapatkan di dunia.
Semoga kita menjadi orang tua yang selalu mendidik anak kita untuk membaca Al Qur'an, mencintai Al Qur'an, dan memotivasi anak untuk menghafal Al Qur'an, aamiiin..

๐Ÿ“š Dirangkum dari Berbagai Sumber oleh Tim INC Divisi Tsaqafah Islamiyah PSDM ODOJ

INC/16/21/10/2015/Divisi TSI - PSDM ODOJ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar