Kamis, 22 Oktober 2015

Albaqarah : 37

📚RUBRIK TAFSIR ODOJERS📚

Edisi 20, Jumat 9 Oktober 2015

📚 Tafsir Qur'an Surah Al Baqarah : 37

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

فَتَلَقَّىٰ آدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيم

(Surat Al-Baqarah : 37)

Artinya:
"Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang".

👳🏻 Abu Ishaq As Subai'i meriwayatkan dari seorang lelaki Bani Tamim yang menceritakan bahwa ia pernah datang kepada Ibnu Abbas, lalu bertanya kepadanya, "Kalimat kalimat apakah yang diberikan kepada Adam oleh Tuhannya? Iya menjawab, Ilmu mengenai Ibadah Haji".

👳🏻 Sufyan As Tsauri meriwayatkan dari Abdul Aziz ibnu Raf'i yang mengatakan bahwa ia telah menerima riwayat ini dari seorang yang pernah mendengar dari Ubaid ibnu Umair. Riwayat lain menyebutkan, telah menceritakan kepadaku Mujahid, dari Ubaid ibnu Umair yang mengatakan bahwa Adam berkata: "Wahai Tuhanku, dosa yang telah kulakukan ini merupakan suatu hal yang telah Engkau pastikan terhadap diriku sebelum engkau menciptakan diriku, atau sesuatu yang aku perbuat dari diriku sendiri?". Allah berfirman, "Tidak, bahkan itu adalah sesuatu yang aku takdirkan atas dirimu sebelum kamu diciptakan". Adam berkata, "Maka sebagaimana Engkau telah memastikannya atas diriku, karenanya ampunilah diriku ini".
Ubaid ibnu Umair mengatakan bahwa yang demikian itulah Makna dari firmanNya:

فَتَلَقَّىٰ آدَمُ مِنْ رَبِّهِ كَلِمَاتٍ فَتَابَ عَلَيْهِ ۚ

Artinya:
"Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, maka Allah menerima taubatnya".
(Al Baqarah: 37)

👳🏻Ibnu Abu Nujaih meriwayatkan dari mujahid yang mengatakan sehubungan dengan tafsir ayat ini, bahwa yang dimaksud dengan beberapa kalimat ialah sebagai berikut:

Ya Allah, tidak adabTuhan yang wajib disembah selain Engkau, mahasuci Engkau dengan memuji kepadaMu, wahai Tuhanku, Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri, Maka berilah ampun bagi diriku, sesungguhnya Engkau sebaik-baik penerima taubat. Ya Allah tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain  Engkau, maha suci Engkau dengan memuji kepadaMu, wahai Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diri kusendiri, maka rahmatilah diriku, sesungguhnya Engkau sebaik baik pemberi rahmat, Ya Allah tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain Engkau, maha suci Engkau dengan memuji kepadaMu, wahai Tuhanku sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri, maka berilah ampunan kepadaku, sesungguhnya Engkau maha penerima taubat lagi maha penyayang.

Firman Allah Swt :

إِنَّهُ هُوَ التَّوَّابُ الرَّحِيم
Artinya: Sesungguhnya Allah maha penerima tobat lagi maha penyayang (Al Baqoroh 37)
👆
Yakni sesungguhnya dia menerima tobat orang yang bertobat dan kembali kepadaNya, makna ayat ini sama dengan makna yang terdapat didalam firmanNyaُ

📖 At-Taubah : 104
أَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ هُوَ يَقْبَلُ التَّوْبَةَ عَنْ عِبَادِهِ
Artinya: tidaklah mereka mengetahui, bahwa Allah menerima taubat dari hamba-hambaNya (At Taubah: 104)ُ

📖 An Nisaa 110
وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمًا (النسآء : 110)
Artinya: Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia memohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah maha pengampun lagi maha penyayang. (An Nisaa: 110)

📖 Al Furqon 71
وَمَنْ تَابَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَإِنَّهُ يَتُوبُ إِلَى اللَّهِ مَتَابًا (الفرقان : 71)
Artinya: Dan orang yang bertaubat dan mengerjakan amal sholeh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan Taubat yang Sebenar- benarnya. (Al Furqan: 71)

Dan masih banyak lagi ayat-ayat yang menunjukan bahwa Allah Swt. Mengampuni semua dosa dan menerima taubat orang yang bertaubat. Demikianlah sebagian dari kelembutan Allah kepada mahlukNya dan kasih sayangNya kepada hamba-hambaNya. Tidak ada Tuhan yang wajib disembah selain Dia yang maha penerima taubat lagi maha penyayang.

Posted by : Tim Syari'ah divisi Tsaqafah Islamiyah PSDM ODOJ

Maraji' : Tafsir ibnu Katsir

RKO/20/09/10/2015/Divisi TSI - PSDM ODOJ

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar